Sekolah Alam

Istilah sekolah alam awalnya adalah nama dari sebuah institusi pendidikan yang digagas dan dikembangkan oleh Lendo Novo yang dikenal dengan konsep integrasi ilmiyah Ilahiyah nya dalam dunia pendidikan,

Seiring dengan makin dikenalnya konsep tersebut, banyak juga dari lembaga-lembaga pendidikan yang ada mengadopsi dan diterapkan pada institusi mereka. Dan menggunakan istilah “Sekolah alam” pada metode belajar, kurikulum, maupun gagasan yang diterima pada sekolah tersebut.

Hal ini tentu saja tidak salah, karena pengertian kata “alam” dari konsep yang digagas Lendo Novo sendiri mengandung 2 makna, Alam dengan makna “pengalaman” atau “mengalami”, dan alam dengan makna “Alam’ atau “Nature”. Jadi 2 makna ini dapat diterapkan sebagai gambaran apa yang ditawarkan oleh sekolah tersebut.

terlepas dari apa konsep dan kurikulumnya atau dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung, secara umum sekolah memang merupakan tempat dimana anak-anak akan “mengalami” hal-hal yang mereka pelajari, dan hidup berdampingan dengan alam.

Sekolah dan Pengalaman

Sekolah adalah sebuah tempat dimana anak-anak akan mulai sebuah pengalaman baru. Mereka akan mengenal orang-orang baru dan mengenal kebiasaan-kebiasaan baru yang sebelumnya tidak mereka kenal.

Sekolah adalah tempat dimana anak-anak ‘mengalami” sendiri bagaimana berinteraksi dengan anak lain, saling mengenal, saling menjaga toleransi, dan bernegosiasi dengan orang lain. Dan semua yang mereka alami tersebut nantinya akan menjadi pondasi bagaimana mereka dimasa depan.

Interaksi dengan alam

Disekolah anak-anak juga secara langsung berhubungan dan merasakan perubahan dan dampak pada alam. Mereka akan belajar memahami bagaimana bersikap pada cuaca dan musim, bagaimana memperlakukan lingkungan, dan bagaimana mengambil manfaat dari alam.

PKBM Mandiri An Nuur dan Konsep Sekolah Alam

Jika mengacu pada gagasan Lendo Novo tentang Sekolah Alam, PKBM Mandiri An Nuur ternyata telah menerapkannya pada sistem kurikulum sejak awal berdirinya walaupun PKBM Mandiri An Nuur tidak melekatkan label “Sekolah Alam” pada lembaganya.

Hal ini mengacu pada beberapa hal :

  1. Metode pendidikan Islam sebagai dasar kurikulum PKBM. Dalam rumusan kurikulum PKBM Mandiri An Nuur, mata pelajaran Diniyah menjadi prioritas utama. Dalam pembelajaran tersebut, metode pendidikan Islam yang telah diterapkan pada generasi para Sahabat Nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam diterapkan kembali dengan penyesuaian pda kapasitas masing-masing siwa. Konsep pendidikan yang berdasarkan pada pengembangan diri dan berorientasi akhirat sebagai dasar pembentukan karakter bagi peserta didik PKBM Mandiri An nuur.
  2. Metode belajar dengan melakukan langsung
  3. Belajar yang tidak terikat bangunan

2 Komentar

error: Afwan: Konten terproteksi !!
%d blogger menyukai ini: